Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk dilakukan oleh Pokja Desa Siaga Desa Cileungsir di Wilayah Dusun Sukamaju Desa Cileungsir

Sabtu, 15/07/2023
Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk dilakukan oleh Pokja Desa Siaga Desa Cileungsir, Perangkat Desa Cileungsir, Bidang Desa Cileungsir dan unsur UPTD Puskesmas Rancah bersama KKN Universitas Kuningan dan Masyarakat di wilayah Dusun Sukamajau Desa Cileungsir Kecamatan Rancah dalam rangka mengurangi risiko penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, seperti demam berdarah, malaria, dan chikungunya. Dengan berbagai metode dan strategi yang digunakan dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk ini tentunya untuk melindungi kesehatan masyarakat di wilayah Dusun Sukamajau khususnya dan di wilayah Desa Cileungsir pada umumnya, adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah :

1. Penghapusan Genangan Air
Salah satu langkah paling efektif dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk adalah dengan menghilangkan atau mengurangi genangan air yang menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Genangan air di sekitar rumah seperti dalam pot bunga, ban bekas, atau wadah lain yang mengumpulkan air harus dibuang atau ditutup rapat agar nyamuk tidak dapat bertelur di dalamnya.

2. Kebersihan Lingkungan
Menjaga kebersihan lingkungan sangat penting dalam mengendalikan populasi nyamuk. Sampah, termasuk sampah organik maupun non-organik, harus dikelola dengan baik. Memastikan tempat sampah tertutup rapat dan selalu membersihkan area sekitarnya agar mengurangi kemungkinan nyamuk mencari tempat untuk bertelur.

3. Penggunaan Insektisida
Penggunaan insektisida secara bijaksana dapat membantu mengendalikan populasi nyamuk. Insektisida yang disemprotkan pada area yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, seperti di sekitar selokan, parit, atau semak-semak, dapat membunuh nyamuk dewasa dan larvanya. Namun, penggunaan insektisida harus dilakukan dengan hati-hati dan mengikuti petunjuk penggunaan yang aman.

4. Penggunaan Jaring Anti-Nyamuk
Menggunakan jaring anti-nyamuk pada jendela, pintu, atau ventilasi udara merupakan cara efektif untuk mencegah masuknya nyamuk ke dalam rumah. Jaring yang rapat dapat membantu mencegah nyamuk betina bertelur di dalam rumah dan mengurangi kemungkinan gigitan nyamuk pada penghuni rumah.

3. Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat
Melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya penyakit yang disebabkan oleh nyamuk serta cara-cara pencegahan dan pemberantasan sarang nyamuk. Penyuluhan kepada masyarakat mengenai langkah-langkah yang dapat diambil untuk melawan nyamuk tentunya agar masyarakat bisa meningkatkan kesadaran dan partisipasinya dalam upaya Pemberantasan Sarang Nyamuk.

Share Berita