Bimbingan Teknik Pembibitan Kambing dan Domba Program Ketahanan Pangan Desa Cileungsir DD. T.A 2023

Selsa, 27/06/2023

Bimbingan Teknik Pembibitan Kambing dan Domba Program Ketahanan Pangan Nabati dan Hewani Desa Cileungsr Kecamatan Rancah Kab. Ciamis DD. T.A. 2023.

Kegatan tersebut dihadiri oleh Camat Rancah dan Sekmat Rancah, UPTD Peternakan, BPD Desa Cileungsir, LPM Desa Cileungsir, Babinsa, Bhabinkamtibmas Desa Cileungsir dan Kelompok Ternak, sebagai peserta Bimtek.

Bimbingan Teknis (Bimtek) merupakan sebuah program yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peternak dalam mengembangkan ternak mereka. Salah satu jenis ternak yang memiliki potensi yang besar adalah kambing/domba. Beternak kambing/domba tidak hanya memberikan manfaat ekonomi bagi peternak, tetapi juga dapat menjadi sumber pangan yang bergizi. Oleh karena itu, pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) beternak kambing/domba sangatlah penting guna meningkatkan produktivitas dan kualitas beternak di Desa Cileungsir Kecamatan Rancah.

Dalam pemaparan materi dari UPTD Peternakan bahwa dalam menjalankan ternak itu kita harus paham terlebih dahulu proses pemeliharaan hewan, dari mulai pemilihan bibit, pemberian pakan sampai dengan pemeiliharaan kandang, bahkan kita juga harus mengetahui pakan rumput yang baik untuk hewan.

Materi-materi yang diajarkan dalam Bimtek ini mencakup berbagai materi yang relevan dan berguna bagi peternak. Beberapa materi yang diajarkan dalam program ini meliputi :

  1. Manajemen kandang dan perencanaan lingkungan ternak.
  2. Nutrisi dan pakan yang tepat untuk pertumbuhan dan produksi kambing/domba.
  3. Kesehatan kambing/domba, termasuk pengenalan penyakit umum, tindakan pencegahan, pengobatan, dan manajemen sanitasi.
  4. Pembiakan dan manajemen reproduksi kambing/domba.
  5. Teknik seleksi dan pemuliaan kambing/domba untuk meningkatkan kualitas genetik.
  6. Manajemen pemasaran usaha ternak kambing/domba.

Share Berita